Wisata Waduk Selorejo




    Wisata Waduk Selorejo yaitu nama suatu waduk atau bendungan yang terletak di Kecamatan Ngantang, yang mana lokasinya adalah bagian barat dari Kabupaten Malang, Jawa Timur. Hal yang menarik untuk mengunjungi tempat ini ialah tempatnya yang cocok untuk lokasi gathering, outing perusahaan, rapat, outbond ataupun aktivitas outdoor lainnya. Rute Bendungan Selorejo mudah untuk dicapai, pengunjung bisa mengaksesnya menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi. Tepatnya, Waduk Selorejo ini terletak di sebuah Desa Pandansari, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Jawa Timur.


   Jalan menuju Waduk Selorejo jika menggunakan transportasi umum, anda bisa menaiki bus menuju ke arah Kediri. Setelah itu naiklah bus kembali menuju terminal Malang, setelah sampai di terminal. Anda bisa menaiki angkutan umum menuju waduk Selorejo ini. Bila anda datang dari daerah luar Kota Malang, rute nya ialah Malang-Batu, atau bisa dari Kediri-Pare, selanjutnya bila dari Jombang -Pare ataupun yang datang dari Blitar-Wlingi Anda akan melihat panorama alam yang begitu indah dan mempesona walaupun harus menempuh jarak jauh, karena memang tempat wisata satu ini terlihat dari sisi pinggir jalan.Jika anda masih bingung untuk menemukan lokasinya. Anda bisa melihat peta Waduk Selorejo ini di google maps pada smartphone anda. atau lebih baiknya jika anda sudah sampai di Desa Pandansari, bisa bertanya dengan warga setempat menuju ke waduk ini.


    Wisata Waduk Selorejo ini berada di ketinggian 600 mdpl, sehingga akan terasa sejuk udara disekitarnya. Pemandangan waduk selorejo juga indah dikarenakan dikelilingi oleh gunung-gunung diantaranya gunung Kelud, Gunung Anjasmoro serta Gunung Kawi. Berdiri di pinggiran waduk dengan menikmati panorama waduk serta latar pegunungan yang diselimuti awan adalah kesenangan tersendiri bagi pengunjung daya tarik wisata Selorejo. Sambil melihat nelayan sekitar menjaring ikan di bendungan. Bagi anda yang hobi memancing, obyek wisata Selorejo juga menjadi tujuan utama karena ikannya disini terkenal besar-besar. Yang paling dominan jenis ikan yang ada di bendungan selorejo adalah ikan Mujair/ Mujaer. Jadi jika anda berkunjung ke tempat ini, sempatkanlah membawa alat pancing dan rasakan serunya sensasi memancing di Waduk Selorejo.

   Waduk Selorejo selain dijadikan aset wisata alam, tempat ini juga dijadikan sumber pembangkit listrik tenaga air untuk Kecamatan Ngantang. Khususnya para warga Desa Pandansari. Nah, ketika anda sudah sampai di lokasi waduk Selorejo, Anda akan dikenakan biaya yang pasti tidak menguras kantong anda dalam-dalam. Harga tiket masuk Waduk Selorejo ini ialah Rp.7.000 per orangnya, adapaun tambahan biaya parkir jika menggunakan kendaraan pribadi ialah sebesar Rp.3000 per kendaraan.
   Salah satu akomodasi penginapan yang bisa dinikmati adalah Taman Wisata Selorejo Hotel & Resort menghadirkan tempat penginapan sekaligus rekreasi ketika sedang berada di kawasan Kabupaten Malang. Memiliki total 14 kamar Hotel (Deluxe & Superior), Cottage, Wisma dan Meeting Hall yang dapat menampung sekitar 50 sampai 500 orang.
  Selain menghadirkan penginapan dengan nuansa sejuk dan indah, Hotel & Resort Selorejo juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik seperti kolam renang, Lapangan voly / bulutangkis / tenis / sepak bola, jogging track, restaurant, fun bike dll. Bukan hanya itu, Selorejo Hotel & Resort juga menawarkan berbagai wahana menantang bagi Anda yang ingin menguji adrenalin seperti Banana Boat, Paint Ball, Air Soft Gun, Rafting, Downhill Track dsb. Di Hotel & Resort Taman Wisata Selorejo ini juga dilengkapi dengan Restoran, Food Center, Pentas musik dan berbagai pilihan wisata mulai dari wisata perahu, edukasi, memancing, bendungan, petik jambu sampai wisata gathering.

   Di kawasan Waduk Selorejo juga bisa anda jumpai warung-warung yang berlokasi dipinggir waduk, kebanyakan makanan yang mereka jual didominasi berbagai jenis ikan yang dimasak seperti ikan goreng dan ikan bakar. Sambil istirahat anda bersama keluarga anda juga bisa menikmati panorama dengan sepuasnya, apalagi di taman wisata Selorejo juga terdapat jembatan gantung yang menghubungkan taman wisata dengan kolam renang dan bisa juga digunakan untuk Jogging track bagi yang yang menyukainya di sepanjang sisi waduk tersebut.


   jika anda ingin berkunjung ke tempat wisata satu ini, tidak ada salahnya membawa perlengkapan camping, seperti tenda, kompor portable, nesting, matras dan tidak ketinggalan yaitu logistik yang enak. Menikmati keindahan sembari bersantai menggunakan laybag juga ide cemerlang untuk memanjakan tubuh anda.
   Selain itu anak-anak bisa bermain-main dengan bebas di taman. anda juga bisa berperahu ke Pulau Jambu yang ada di tengah waduk. Di pulau itu terdapat ratusan pohon jambu klutuk atau jambu biji. Untuk mencapai Pulau Jambu, Pemda Kabupaten Malang telah menyediakan perahu milik masyarakat setempat. Pemilik perahu menawarkan jasa untuk mengantar pengunjung dengan tarif yang terjangkau. Tarif perahu mesin PP adalah Rp 8.000–Rp 10.000 sedangkan perahu dayung Rp 3.000-Rp 5.000. Begitu sampai di Pulau Jambu, pengunjung dapat mendaki bukit kecil dan masuk lokasi. Untuk bisa masuk dan makan buah jambu klutuk wisatawan dikenai tarif Rp 5.000. Kebun jambu ini sangat rimbun. anda juga bisa membawa pulang buah jambu yang anda petik di sini.


    Demikianlah ulasan tentang Waduk Selorejo Malang, jika anda sedang berada di daerah Malang, pasti akan sangat disayangkan jika tidak mengunjungi tempat ini. Selain itu, membawa buah hati untuk diajak berkeliling menggunakan perahu adalah hal yang menyenangkan. Namun jangan lupa, ketika sedang berdestinasi wisata dimanapun, utamakan jangan membuang sampah sembarangan. Apalagi ditempat waduk pemukiman warga, itu akan menjadi masalah besar jika lama kelamaan dibiarkan. Salam lestari!



Komentar