Agrowista Petik Jeruk Selorejo


Memetik jeruk langsung dari pohonnya dan menikmatinya pasti menjadi sensasi tersendiri, yang bisa kalian temui di Desa Wisata Selorejo, Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Agrowisata ini menjadi tujuan para wisatawan yang ingin menikmati pemandangan Desa yang penuh dengan kebun buah jeruk. Cocok pula untuk digunakan sebagai media pembelajaran oleh para pelajar setingkat Taman Kank-kanak, Sekolah Dasar, Menengah Pertama dan Menengah Atas, tidak menutup kemungkinan baik mahasiswa maupun keluarga yang ingin melepas penat di perkotaan.


Lokasinya kurang lebih 8 km dari jalan utama Malang-Batu, atau lebih mudahnya arah keselatan dari Taman Rekreasi Sengkaling. Keindahan alam dan sensasinya tak kalah indah dari agrowisata yang lain. Lebih terlihat alami, atmosfer pedesaan yang kuat dan berbeda dari agrowisata yang lain yang cenderung sudah tertata rapi dan bersih. Wisata petik jeruk berdampak positif terhadap perkembangan para petani jeruk dan potensi yang ada, khususnya yang ada di Desa Wisata Selorejo, kecamatan Dau yang sudah terkenal dengan Agrowisata jeruknya.



Model daya tarik wisata ini juga menjadi salah satu andalan Kabupaten Malang untuk menarik kunjungan wisatawan. Karena itu, Pemerintah Kabupaten Malang terus mengembangkan wisata petik buah langsung dari kebunnya. Dengan tiket Rp.15.000 per orang, wisata petik jeruk ini sangat diminati oleh para wisatawan. Nilai tambahnya, wisatawan akan dikenalkan dengan pengetahuan seputar buah jeruk yang ada disana, seperti jenis jeruk baby manis, dan juga jeruk keprok batu yang tengah dikembangkan oleh petani.


Luas lahan kebun jeruk yang ada di seluruh Kecamatan Dau mencapai 750 hektar, 350 hektar terdapat di Desa Selorejo, sedangkan sisanya tersebar di beberapa desa yang ada di Kecamatan Dau. Potensi lahan seluas itu, akan semakin dimaksimalkan untuk wisata petik jeruk, untuk desa selorejo saja, saat ini terdapat sekitar 500 petani jeruk. Selain mendapatkan hasil dari menjual jeruknya saat panen, mereka juga mendapatkan penghasilan tambahan dari wisata jeruk. Harga maupun paket yang ditetapkan sangat terjangkau untuk wisatawan, ada dua paket yang disediakan, yakni paket Rp.15.000 per orang dengan fasilitas petik dan makan jeruk di tempat sepuasnya, sedangkan paket kedua adalah Rp.25.000 per orang dengan fasilitas yang sama dan ditambah layanan makan siang.

Paket Rp.25.000 dikhususkan untuk rombongan para wisatawan yang berjumlah lebih dari 10 orang. Untuk wisatawan yang ingin membawa pulang jeruk, harga yang dipatok sangat murah yaitu Rp.5000 per kilonya. Terdapat beberapa jenis jeruk yang ada disini, yaitu jenis baby varietasnya ada tiga, Java paling manis, Pacitan paling segar dan Valencia berasa asam. Selain itu juga ada jeruk keprok batu 55 dan jeruk keprok punten. Desa selorejo sudah ditetapkan menjadi desa wisata oleh Pemkab Malang. 
Bagi wisatawan yang berminat menginap ada puluhan home stay yang telah disiapkan bagi para wisatawan yang ingin merasakan hawa malam pedesaan. home stay itu adalah rumah milik warga yang dapat disewa oleh wisatawan yang berminat untuk menginap dengan harga yang murah.

Pemandangan alam pegunungan di sekitar kebun jeruk menambah betah para wisatawan untuk tidak beranjak dari kebun jeruk, di tambah buah jeruk yang sangat banyak dengan warna kekuningan yang begitu menggoda lidah. Disini sangat cocok untuk menghabiskan liburan bersama teman, kerabat dan keluarga. Anak-anak juga dipastikan akan betah disini dengan udara yang sejuk.

Komentar