Wisata Sumber Nyolo



Salah satu wisata sumber mata air yang lagi ramai dikunjungi, dan murah meriah yaitu Sumber Nyolo. Berada di Desa Mojosari Glugur, Kecamatan Karangpoloso , Kabupaten Malang, tepat di perbatasan Kecamatan Karangploso dan Kecamatan Singosari ( Jalur alternatif Batu-Malang ).

Sumber Nyolo merupakan sumber mata air yang kemudian dibangun hingga mirip seperti kolam pemandian. Air yang mengalir dikelola oleh warga setempat yang dimanfaatkan untuk keperluan mandi, minum, kebutuhan rumah tangga lainnya. Meskipun lokasinya  jauh dari pusat kota Malang, sumber nyolo selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan yang sedang mampir dan warga sekitar.



Sumber Nyolo bisa anda jadikan sebagai tujuan wisata yang menawarkan sumber mata air yang sejuk, alami dan bersih. Warga setempat juga mempercayai bahwa air dari sumber nyolo bisa membuat awet muda siapa saja yang mandi disana. Bisa juga beremdam dan berenang dikolam yang sudah dibangun dari swadaya warga desa sendiri. Udara di sumber nyolo juga cukup sejuk karena berada di tengah hutan yang dikelilingi oleh rimbunnya tumbuhan hijau. Lokasi yang berada di tengah hutan dan ada sumber air tentu tidak lepas dari aura mistis, tapi jangan takut, asal niat kita baik, sopan dan mengucapkan permisi setiap kita beraktifitas disana, niscaya kita akan terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan.

Jadi untuk kalian yang sedang ingin mencari udara segar atau tujuan wisata alam yang menawarkan ketenangan di Malang. Berikut rute yang dilalui untuk menuju ke Sumber Nyolo, jika dari arah pusat kota Malang silahkan menuju Arjosari sampai terus ke pertigaan lampu merah Karanglo ( Pos Polisi Karanglo ), belok kiri menuju arah desa Ngijo Karangploso, kemudian menuju  Desa Ngenep, sesampai disini bisa menanyakan kepada warga sekitar, bisa juga menggunakan GPS, lokasi Sumber Nyolo ini sudah terpetakan di aplikasi Google Maps. Alamat lengkaplokasi Sumber Nyolo : Desa Mojosari Glugur Rw 14 Kecamatan Karangploso.

Untuk saat ini kita tidak dikenakan biaya masuk, alias masih gratis, cukup mengeluarkan biaya parkir pada umumnya. Tempat parkir bisa memadai roda dua maupun roda empat yang cukup luas, ada juga pondok atau gubuk untuk bersantai, muhola, toilet, dan juga beberapa warung makanan dan minuman dari warga yang berjualan disana

Jadi kalian tidak perlu kuatir akan fasilitas yang ada di Sumber Nyolo. Penasaran ? silahkan datang langsung ke Wisata Sumber Nyolo. Selamat berwisata dan tetap jaga kebersihan, agar tetap terjaga kealamiannya.


Komentar